unm-digilib-unm-abdrahim-135



Direktori: Top / Laporan Penelitian


Pengumuman:
Mulai 1 Januari 2017, seluruh publikasi karya ilmiah dipusatkan ke http://eprints.unm.ac.id

Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Fluktuasi Harga Ikan Layang di Pasar Produsen dan Konsumen Kabupaten Barru Periode Tahun 1990-2009

Penelitian PNBP, Nomor: 1595/UN 36/PL/2011, 21 Juni 2011
Research Report from UNM / 2016-07-18 12:03:37
Oleh : Abd. Rahim, Universitas Negeri Makassar (rahim_abd73@yahoo.co.id)
Dibuat : 2016-07-18, dengan 2 file

Keyword : fluktuasi harga, pasar produsen dan konsumen

Fluktuasi harga komoditas ikan layang yang disebabkan oleh faktor musim sehingga terjadi ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran ikan laut segar di Kabupaten Barru. Pada sisi penawaran, saat musim penangkapan (panen) terjadi kelebihan penawaran, sedangkan musim paceklik (barat dan timur) ataupun musim penangkapan saat terjadi bulan purnama produksi menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap fluktuasi harga layang segar di Pasar Produsen dan Konsumen. Tujuan tersebut menggunakan metode analisis regresi berganda dan pengujian asumsi klasik (multikolinearitas dan autokorelasi) dengan pendekatan teori keseimbangan harga produk jangka panjang dengan data runtun waktu tahun 1990 sampai dengan 2009. Hasil penelitian menemukan bahwa pada pasar produsen Kabupaten Barru, harga rill ikan layang segar berpengaruh positif, yaitu setiap kenaikan harga rill layang waktu lalu akan mempengaruhi kenaikan harga rill layang waktu sekarang atau dengan kata lain keputusan produsen (nelayan) dalam menentukan perubahan (naik/turun) harga sekarang dipengaruhi oleh harga layang waktu lalu ditingkat produsen. Sedangkan harga rill tembang dan kembung tidak berpengaruh terhadap harga layang di pasar produsen, hal ini dapat terjadi karena pembeli merubah seleranya beralih ke jenis ikan lainnya, walaupun terjadi peningkatan pendapatan per kapita. Pada pasar Konsumen Kabupaten Barru, variabel harga rill tembang dan harga rill bandeng di tingkat konsumen berpengaruh negatif terhadap harga layang di pasar konsumen, hal ini telah sesuai sebagai komoditas substitusi artinya jika harga tembang atau bandeng naik maka pembeli akan beralih ke harga komoditas rendah yaitu layang. Komoditas layang banyak di gemari selain masyarakat Kabupaten Barru juga kabupaten dan kota lainnya. Lain halnya harga rill telur ayam ras di tingkat konsumen berpengaruh positif terhadap harga layang di tingkat konsumen, hal ini tidak sesuai dengan tanda yang diharapkan yaitu negatif, yaitu setiap kenaikan harga telur ayam ras maka harga layang menurun. Pengaruh positif dapat terjadi karena sebagai produk pelengkap saat mengkonsumsi atau tingkat prefensinya sama-sama disukai. Harga rill layang di tingkat produsen berpengaruh positif terhadap harga layang di tingkat konsumen, yaitu setiap kenaikan harga layang ditingkat produsen maka akan terjadi pula kenaikan harga layang di tingkat konsumen. Hal ini telah sesuai dengan mekanisme harga pada saluran pemasaran komoditas perikanan, bahwa perubahan harga di pasar konsumen ditentukan oleh perubahan harga di tingkat produsen, selain itu karena komoditas sama. Lain halnya variabel harga rill kembung di tingkat konsumen, harga rill layang waktu lalu di tingkat konsumen tidak berpengaruh terhadap harga layang di pasar konsumen, hal ini dapat terjadi seperti halnya yang terjadi di pasar produsen pembeli merubah seleranya beralih ke jenis ikan lainnya, walaupun terjadi peningkatan pendapatan per kapita.

Deskripsi Alternatif :

Fluctuation of Price of fish scad mackerel commodity float which is because of season factor so that happened by the inequilibrium of between supply and demand fresh sea fish in Regency Barru. At offer side, moment of arrest season (harvest) happened by the offer excess, while season paceklik (west and east) and or season of moment arrest happened by the full moon decreasing production.



This research aim to to analyse the factors having an effect on to price fluctuation scad mackerel fresh in Market of Producer and Consumer. The Target use the method analyse the doubled regresi and classic assumption examination (multicollinearty and autocorrelation) with the approach of theory of long-range product price equilibrium with the time-series of year time 1990 up to 2009



Result of research find that at market of producer of Regency Barru, price of rill scad mackerel fresh have an effect on positive, that is each every increase of price of rill float the last time will influence the increase of price of rill float the present time or equally producer decision (fisherman) in determining change (increase/decrease) price is now influenced by price float the time is then mounted by producer. While price of rill fringascale sardinella and indian mackerel do not have an effect on to price float in producer market, this matter can be happened by because buyer of appetite fox change over to other fish type, is although happened by the make-up of income per capita.



At market of Consumer of Regency Barru, variable of price of rill of fringascale sardinella and price of rill fish milk in consumer level have an effect on the negativity to price float in consumer market, this matter have according to as its meaning substitution commodity if price of fringascale sardinella or fish milk go up hence buyer will change over to low commodity price that is scad mackerel. Commodity of scad mackerel a lot of in liking besides society of Regency Barru also other town and regency. Other the things of price of rill of chicken's egg in consumer level have an effect on positive to price scad mackerel in consumer level, this matter disagree with sign expected by that is negativity, that is every increase of price of chicken's egg hence price of scad mackerel decreasing. Positive influence can be happened by because as product of moment complement consume or mount the preffence both of the same taken a fancy.



Price rill scad mackerel in producer level have an effect on positive to price scad mackerel in consumer level, that is every increase of price scad mackerel a producer hence will be happened also increase of price scad mackerel in consumer level. This matter have as according to price mechanism at channel of marketing of fishery commodity, that price change in consumer market determined by price change in producer level, others because commodity of equal. Other the things of indian mackerel price rill in consumer level, price rill scad mackerel the last time in consumer level do not have an effect on to price scad mackerel in consumer market, this matter can be happened as does that happened in market of producer of buyer of appetite change over to other fish type, is although happened by the make-up of income per capita.

Beri Komentar ?#(0) | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherUNM
OrganisasiUniversitas Negeri Makassar
Nama KontakUPT. Perpustakaan UNM
AlamatJl. AP Pettarani
KotaMakassar
DaerahSulawesi Selatan
NegaraIndonesia
Telepon0411-867787
Fax0411-867787
E-mail Administratorhartoto@unm.ac.id (081 343 865 864)
E-mail CKOperpustakaan@unm.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Faruq Ratuhaji

Download...